Minggu, 06 Agustus 2017

Cara Mengatasi Komputer yang Mati

 


Yo, kali ini kami akan membahas tentang cara mengatasi komputer yang mati. Berikut cara-caranya :

1. Periksa monitor komputer, bisa jadi karena sambungan kabel monitor ke CPU kurang kencang. Jadi pastikan terlebih dahulu dan jika perlu anda bisa mencobanya di komputer lain (jika mempunyai komputer lebih dari 1), jadi jika kipas dan CPU berkerja namun monitor tidak menampilkan informasi/menyala maka kemungkinan besar monitornya yang bermasalah.

2. Namun jika ternyata komputer anda berbunyi “Bip” maka kemungkinan besar yang bermasalah VGA, Memory (RAM), atau Batery CMOS nya. untuk solusi sementara coba copot lalu pasang kembali memory card (RAM) yang ada dalam CPU, jadi anda harus membongkar CPU komputer.

3. Coba cabut baterai CMOS yang ada pada motherboard, lalu pasang kembali dengan begitu anda bisa menghapus memori BIOS pada motherboard , dan otomatis akan kembali pengaturan BIOS ke setting default bawaan. Akibat dari kesalahan konfigurasi BIOS bisa menyebabkan PC Anda tidak dapat startup.

4. Uji power supply komputer Anda. UPS cenderung menyebabkan lebih banyak masalah daripada perangkat keras lainnya dan sering menjadi penyebab komputer tidak mau dihidupkan. atau anda bisa mengetesnya langsung dari stop kontak.

5. Coba masuk ke BIOS komputer (jika masih bisa), anda bisa menginstall ulang system operasinya dan menggantinya dengan OS yang baru, misal Windows 7 atau Windows 8. Langkah ini biasanya cara terakhir untuk mengatasi masalah komputer yang tidak mau hidup alias mati.

6. Namun jika cara semua diatas gagal Anda bisa membawanya ke ahli komputer, karena mungkin ada komponent komputernya yang memang benar-benar rusak (seperti; motherboard nya mungkin, atau komponen komputer lainnya) yang memang harus diganti.



Sumber : Ilmu Online
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Ordered List

Sample Text

Definition List